Blogging - Profitamin

Pro in Profit, Fit for All


Blog adalah kumpulan catatan atau jurnal pribadi yang disajikan pada web, aktivitas mengupdate blog disebut blogging dan orang yang mengelola disebut blogger.Umumnya blog diupdate secara rutin menggunakan software tertentu sehingga penyajian informasi di web dapat dilakukan secara mudah tanpa penguasaan tehnis. Posting pada blog tersaji secara rapi dan tersusun kronologis, pada umumnya blog tersaji sebagai RSS Feed.

Blog memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jenis website lain, berikut ini merupakan beberapa bagian yang umum berada pada sebuah blog. 

a.       Isi konten atau biasa disebut post (dalam bahasa indonesia disebut posting) di tampilkan dalam bentuk kronologis. Posting terbaru ditampilkan lebih atas dibandingkan posting sebelumnya, tiap posting biasanya memiliki alamat URL permanent. Selain isi artikel sebuah posting juga umumnya menampilkan nama pengarang, tanggal dan kategori.

b.      Bagian komentar, merupakan komponen yang memungkinkan pengunjung dan blogger saling berkomunikasi. Bagian komentar ini merupakan bagian yang cukup penting dalam sebuah blog karena memungkinkan adanya efek enteraktivitas sehingga blog terlihat tidak kaku dan berjalan sepihak saja. Selain komentar di sebuah artikel tersebut terlihat lebih menarik.

c.       Fitur berlangganan/ subscription yang biasa dinamakan rss atau sindikasi, bagian ini memungkinkan pembaca berlangganan isi blog user bisa memperoleh pemberitahuan apabila ada konten baru disebuah artikel, dengan kata lain userakan tahu apakah blog sudah di update dengan konten yang baru, sindikasi merupakan cara yang lumayan efektif untuk menambah jumlah pengunjung blog.

d.      Bagian arsip dan pencarian berguna mengatur dan mengelompokkan konten sebuah blog, sebuah blog ukuran besar dengan konten hingga ribuan sagat terbantu dengan adanya arsip. Sebuah artikel biasanya dikelompokkan berdasarkan bulan, tahun dan tanggal. Adapun bagian pencarian berguna untuk mencari entry-entry tertentu di blog berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh user, kotak pencarian ini bisa disediakan oleh software blog dan bisa disediakan oleh layanan pihak ketiga seperti google search.

e.      Trackback atau pingback link ke blog atau situs lain yang mengacu ke entri tersebut.
Secara umum ada tiga jenis blog, yaitu :

1.       Blog perusahaan
Merupakan blog yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dan berfungsi seolah seperti brosur yang menjelaskan bisnis perusahaan.Blog ini biasanya merupakan tempat untuk menampilkan berita seputar perusahaan, intinya konten didalamnya pasti terbatas untuk perusahaan itu sendiri.

2.       Blog produk
Blog yang khusus menjelaskan sebuah produk saja, misanya sony memiliki blog khusus untuk produknya sony vaio laptop, apple yang punya blog khusus untuk produknya ipod, atau microsoft punya blog khusus untuk produk softwarenya di macintosh.

3.       Blog pribadi
Merupakan blog yang dimiliki oleh seseorang dan digunakan untuk membahas pernik-pernik kehidupannya sendiri, setiap orang bisa membuat dan memiliki blog pribadi.


Referensi:
·    Ed Tittel, Schaum Outlin: Computer Networking (Jaringan Komputer), Penerbit Erlangga, Jakarta:2004
·         Wahana Komputer&Penerit Andi, Kamus Istilah Internet, CV. Andi offset, Yogyakarta:2006
·         Ali Zaki Dan Smitdev Community, Optimalisasi Blogging, Pt Alex Media Komputindo, Jakarta:2008

No comments:

Post a Comment

Pages