Lolos CPNS 2018 Secara Murni - Profitamin

Pro in Profit, Fit for All


Dalam tulisan saya sebelumnya dalam blog Novy Kayra di artikel “PengalamanCPNS-Ku” mengisahkan tentang bagaimana perjalanan saya dalam mengikuti seleksi CPNS 2013. Bukan suatu hal yang mudah, namun disisi lain juga tidak sesulit yang dibayangkan orang sehingga rela mengeluarkan uang ratusan juta rupiah hanya ingin menjadi seorang pegawai negeri.  Jadi, bila Anda bermaksud ingin lolos menjadi PNS dengan mengeluarkan uang 100 juta, kembalikan lagi saja kekantong masing-masing lalu investasikan untuk membeli kebun durian, dijamin 1 tahun kemudian nilai kebun durian Anda sudah lebih dari nilai tersebut. Karena kalau menjadi PNS, dengan membeli sejumlah uang 100 juta Anda, dalam prinsip bisnis adalah investasi yang merugikan. 





Nah, daripada pusing-pusing menyiapkan uang 100 juta untuk sogokan apalagi nanti sudah diterima juga pusing mikir cara korupsi buat mbalikin modal. Mendhingan sekarang saatnya persiapkan diri buat belajar agar bisa lolos CPNS 2014 secara murni. Perlu diketahui bahwa soal-soal CPNS terdiri dari TKD dan TKB.

 



1. TKD (Tes Kemampuan Dasar) meliputi 3 jenis soal antara lain:

A. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
TWK untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
- Pancasila;
- Undang Undang Dasar 1945;
- Bhinneka Tunggal Ika;
- Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintahdaerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).


B. Tes Intelegensi Umum (TIU)
TIU untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis.
- Kemampuan Verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.
- Kemampuan Numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
- Kemampuan Berpikir Logis, yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
- Kemampuan Berpikir Analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.


C. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
untuk katagori Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang meliputi:
- Integritas diri;
- Semangat berprestasi;
- Kreativitas dan inovasi;
- Orientasi pada pelayanan;
- Orientasi kepada orang lain;
- Kemampuan beradaptasi;
- Kemampuan mengendalikan diri;
- Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
- Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
- Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
- Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.


2. TKB (Tes Kemampuan Bidang)
Bentuk ujian TKB bisa berbetuk ujian tertulis, tes psikologi lanjutan, wawancara, dan/atau ujian praktek.




Dari pengalaman saya tahun lalu, untuk menambah bekal saya join menjadi member CPNS Online. Biarpun tidak semua member-nya lulus, tapi buat saya pribadi situs ini cukup membantu perjuangan dalam mengikuti tes untuk menjadi CPNS. Anda berminat? Silakan ikuti link berikut : 

http://www.cpnsonline.com/?id=novykayra. Keuntungan dengan menjadi referal saya yaitu bonusnya, selain Anda join juga turut teriring doa semoga “LULUS” tertular aura “PNS’ dari saya juga ya.. 
hehe..
Sukses selalu...


NB: Daftar CPNS masuk ke www.panselnas.menpan.go.id melalui CPNS Online terlebih dahulu lebih lancar daripada langsung di browser kamu, lho.. (ngga ngadat)




Baca juga : Tata Cara Mengikuti Seleksi CPNS 2014 (1)

4 comments:

  1. Dear Mbk Novi
    Saya mau nanya, untuk TKD yang mbk rinci di atas gak ada tes bahasa inggris, apa emang bener gak ada tes bahasa inggris untuk TKD CPNS BNN 2014 ini ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak nita, memang tidak ada tes bahasa inggris dalam tkd cpns. kecuali di departemen tertentu seperti kemenlu dsb itupun jg pas tkb. pada thn kmrn bhs inggris ada waktu tkb yg berupa wawancara,namun thn ini kayanya tkb tdk ada lg di bnn. semoga bs menjawab pertanyaan, trims

      Delete
  2. terimakasih infonya mbk novi :)

    ReplyDelete

Pages