Psikologi Trading - Profitamin

Pro in Profit, Fit for All

Psikologi Trading

Psikologi Trading

Share This

Awal tahun ini saya baru mendengar sebuah cerita dari desa, seorang pengangguran yang telah menganggur  selama setahun, namun bisa mengubah uang yang awalnya senilai 50 ribu rupiah menjadi 50 juta. Bagaimana bisa? Apakah kamu kira itu uang haram seperti dari judi? Atau pakai magic seperti dukun pengganda uang? No way! Kamu salah! Trading-lah jawabannya. melalui Forex Trading Online, tidak ada yang imposible mengubah uang sedikit menjadi banyak bahkan disinilah daya tariknya. Sayang, karena hal ini pula banyak orang yang telah dikecewakan oleh pola trading-nya sendiri (baca: dirinya sendiri)  alias selalu kalah dalam berdagang. Lalu apa kuncinya agar kita bisa sukses menjadi trader yang selalu “beruntung” seperti pengangguran diatas?

Belajar memahami diri sendiri itu yang penting. Kekalahan didepan mata jika kamu sembarang dalam trading. Ada beberapa faktor penentu dalam kesuksesan melakukan trading. Pertama, psikologi trader. Kedua, psikologi  pasar. Kita bahas yang pertama dulu ya.. 

Psikologi Trading Sukses (sumber: lihat disini)

terdapat 6 psikologi yang mempengaruhi individu bertransaksi:

1.   Bertanggungjwablah terhadap modal sendiri
Langkah pertama sebagai individu adalah percaya diri dan pada kemampuan sendiri. hal ini merupakan penyokong kepercayaan yang sesungguhnya ketika kita mulai mengerti bahwa dengan latar belakang yang kokoh dan pengetahuan, disiplin dan penetapan rencana perdagangan yang akan membuat kita melakukan tindakan profesional.

Cobalah berdagang tanpa pikiran akan berapa banyak uang kamu yang akan untung atau rugi. Berdagang dengan pemikiran yang benar, tidak peduli berapa banyak kontrak yang diperdagangkan atau bahkan jika hanya bertransaksi di rekening demo.

2.    Kurangi kerugian secepatnya dan biarkan keuntungan yang berjalan
Konsep sederhana ini merupakan salah satu konsep tersulit untuk dilaksanakan dan ini menyebabkan kematian bagi kebanyakan pedagang. Kebanyakan pedangan melanggar rencana yang telah ditetapkan sebelumnya dan mengambil keuntungan mereka sebelum meraih target keuntungan yang ditetapkan. Sebenarnya sederhana saja, ijinkan keuntungan kamu pada saat menang untuk berputar dan yakinkan bahwa kerugian yang kamu alami adalah minimal.Strategi bagus lainnya adalah menggerakkan stop loss bila arah perdagangan tidak sesuai harapan.

3.   Disiplin
Berdaganglah dengan perencanaan yang disiplin. Masalah dari banyak pedagang adalah mereka mengangap berbelanja lebih serius daripada perdagangan. Yakinkan bahwa kamu memeliki rencana sebelum meulai bertransaksi. Rencana harus termasuk didalamnya level stop dan limit untuk bertransaksi, sama seperti analisakamu harus meliputi sisi bawah yang diharapkan sebaik sisi atas yang diharapkan.

4.   Terlalu banyak informasi
Banyak pedagang yang memulai dengan strategi yang sederhana dan sukses, tapi menemukan diri mereka mencoba memotong dan mengubah untuk menemukan sistem yang lebih baik. Mereka juga mengijinkan diri mereka untuk dipengaruhi oleh pendapat lain termasuk terlalu banyak fundamental yang akhirnya malah menyesatkan.
5.    Jangan menikah dengan perdagangan
Alasan berdagang dengan perencanaan adalah sangat penting karena analisa terobyektif adalah telah dilakukan sebelum perdagangan dilaksanakan. Hal ini terutama untuk pedagang yang dalam posisi kalah cenderung untuk menikahi posisi mereka yang menyebabkan mereka mengabaikan kenyataan bahwa semua tanda mengarah pada kerugian. Jangan berdagang lebih lagi  dengan harapan bahwa pasar akan berbalik kearah kehendak kita, hal ini hanya akan mempercepat kerugian.

6.   Jangan bertaruh diladang ini
Jangan berlebihan dalam bertransaksi. Satu dari sekian banyak kesalahan biasa bahwa pedagang membuat leverage yang terlalu tinggi dari rekening mereka dengan berdagang ukuran besar yang banyak dari pada seharusnya mereka memperdagangkan secara bijaksana dari saldo mereka. aturan terbaik adalah untuk berdagang dengan 1-10 leverage atau tidak pernah menggunakan saldo kamu lebih dari 5 pada waktu yang bersamaan.

Berdagang mata uang tidaklah hal yang mudah, tapi bukan berarti mustahil. Selama ada keinginan disitu ada jalan. “There is a will, there is a way”. Selamat berdagang dan kendalikan emosi..

No comments:

Post a Comment

Pages