Memilih Bahan Bangunan Untuk Membangun Rumah Masa Kini dan Masa Depan - Profitamin

Pro in Profit, Fit for All

Memilih Bahan Bangunan Untuk Membangun  Rumah Masa Kini dan Masa Depan

Memilih Bahan Bangunan Untuk Membangun Rumah Masa Kini dan Masa Depan

Share This

Home Sweet Home, istilah yang populer untuk rumah sebagai tempat termanis bagi penghuninya, tentunya menjadi impian siapa saja.  Buat aku sendiri, ingin punya rumah hunian yang memberikan rasa nyaman, model yang indah, dan pastinya tahan lama. Ya, walaupun sudah punya kriteria seperti itu tapi masih bingung mau nentuin bangun rumah sendiri atau beli dari pengembang ya? semakin berpikir kesana semakin bertanya, mulai dari biaya, teknik pengerjaannya, belum bahan bangunannya juga? 




Pucuk dicinta ulampun tiba. Seorang temen SMA mengirimkan pesan singkat  mengajak kita se-genk  reuni kecil-kecilan ketemu dihotel. Dari sinilah rasa penasaranku tentang membangun rumah yang baik terpuaskan. Sebab, kebetulan dari genk  kami yang berjumlah lima orang, salah satunya adalah seorang arsitek, Reza namanya. Beginilah percakapan kami berdua saat kebetulan menunggu teman yang lain datang saat sedang berada di lobi hotel.

 

Dari jauh sudah kulihat sosoknya duduk sendiri sambil mengetik laptop yang ada didepannya. Lalu kusapa “Hai Reza apa kabar?” “Baik, Novy.. kamu apa kabar juga?” tanyanya balik. “baik juga” jawabku. “Za, kamu ko datangnya duluan? Bawa laptop lagi.. hey, kita tu mau reunian, bukan mau kerja.” Heranku melihat teman arsitekku ini. “Sorry,, abiz mau gimana? 3 hari lagi aku harus presentasi untuk proyek terbaru. Jadi musti aku kejar deadline-nya.” jawab Reza. “oh, gitu.. seperti apa sih kerjaannya arsitek?” aku penasaran sambil memindahkan laptopnya didepanku dan diapun mempersilakan.”

 



“Za, ini desain rumah karyamu ya?  wow.. keren banget! Ini yang mau dipresentasikan?” Reza Cuma tersenyum sambil mengangguk. “Jadi pengen punya rumah model gini? Kira-kira gimana caranya ya?” tanyaku “Caranya kalau kamu punya uang cukup dulu. Terus  mau bangun semua sendiri atau mau beli lewat pengembang? Kalau bangun sendiri selera dan quality control kamu yang punya. Tapi kalau pengembang, ya tinggal terima jadi.” jawab Reza. “Mmm,, yang sesuai selera aja, deh. mau bangun sendiri. Jadi apa saranmu?”“Saranku.. ada tiga hal fundamental untuk membangun rumah impian, yaitu biaya, teknis pekerjaan, dan aspek material bangunan rumah.

 

Pertama, Biaya

Biaya jelas memegang peranan vital dalam pembangunan suatu rumah. Khusus untuk ini jelas menyesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan finansial kamu sendiri dalam mewujudkan rumah impiannya..

 

Kedua, Teknis Pekerjaan

pengetahuan tentang teknis pekerjaan juga diperlukan dalam melakukan  pengawasan yang baik terhadap para pekerja. Pada aspek teknis akan memberikan gambaran mengenai tata cara membangun rumah yang dijelaskan secara rinci pada setiap pekerjaannya.

Ketiga, Material Bangunan Rumah

Untuk membangun rumah impian juga diperlukan bahan bangunan rumah yang bermutu, karena material yang dibawah standar akan sangat rawan terjadi kerusakan akibat pengaruh suhu/cuaca, lebih jauh lagi bisa mengalami keruntuhan apabila terjadi gempa, ataupun bencana alam lainnya. Adapun material untuk membangun suatu rumah pada umumnya terdiri dari semen, agregat, besi / baja, kayu, pondasi, lantai, dinding, atap, pelapis.” Jelas Reza secara rinci.

“Oh, gitu..” celetukku malah semakin ingin tahu. “Terus, gimana memilih bahan bangunan yang baik?” tanyaku lagi. Reza meneruskan “ kita harus memilih bahan bangunan yang berkualitas. Contohnya dinding, Dinding rumah yang baik adalah dengan menekan kuat penutup pada dinding (seperti plester dan acian) harus lebih rendah atau paling tidak sama kekuatannya dan lebih elastis dibandingkan dengan bahan material bangunan pembentuk dinding (seperti bata, dll) untuk mencegah terjadinya retak. Tentu yang tahan terhadap guncangan, awet, tahan lama, dan dapat melindungi sang penghuni beserta barang-barang di dalamnya. Apalagi di Indonesia, situasi dan kondisi alamnya semakin tak menentu. Beberapa tahun terakhir sering terjadi gempa bumi, banjir, ataupun longsor yang mengakibatkan banyak rumah rusak hingga rata dengan tanah. Rumah sebagai pelindung seharusnya mampu memberikan fungsinya yang terbaik.


Itu artinya kekokohan bangunan hubungannya sama semen, dong? Karena berhubungan sama dinding dan fondasi. Ya kan? tanyaku “ iya bener banget!” jawabnya. Kulanjutkan pertanyaanku “Kalau kamu pakainya semen apa?” “Semen yang bersertifikan terpercaya seperti Tiga Roda. Semen Tiga Roda diproduksi mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI), Standar Amerika (ASTM) dan Standar Eropa (EN). Sebagai bahan material bahan bangunan rumah yang ramah lingkungan.
Berikut ini produk-produknya:

1.      Portland Composite Cement (PCC)

2.      Ordinary Portland Cement (OPC) Jenis I

3.      Ordinary Portland Cement (OPC) Jenis II

4.      Ordinary Portland Cement (OPC) Jenis V

5.      Semen Sumur Minyak / Oil Well Cement (OWC)

6.      Semen Putih / White Cement

7.    Acian Putih TR-30 (Mortar)




“Wah, banyaknya ya variasi produknya?” “Semakin bervariai produknya malah semakin bagus untuk spesifikasi penggunaannya. Karena bagaimanapun perekat bahan bangunan yang ada saat ini bisa berkontribusi terhadap bentuk dan kreasi bangunan yang dirancang oleh arsitek.” Jelas Reza. “Sini aku tunjukin video bagus dari semen Tiga Roda” terusnya sambil membuka laptopnya.




Iya, ini video keren banget. Bener-bener merepresentasikan semen yang kokoh dan tahan lama. Percaya deh sama arsiteknya.. Eh, itu temen yang lain udah datang, kita lanjutin lagi next time ya..


***
Referensi:
·         http://www.sementigaroda.com

1 comment:

Pages