Simpanan Tabunganku - Profitamin

Pro in Profit, Fit for All

Artikel ini ditujukan bagi teman-teman yang sudah punya rekening tabungan utama tapi juga ingin punya rekening lain di Bank yang berbeda. Atau kamu yang belum punya rekening dan pengen punya rekening yang hemat biaya tanpa potongan setiap bulannya. Seperti saya, sebulan lalu saya membuka Tabunganku di BCA. Sebelumnya, saya sudah pernah punya punya jeniss tabungan di Tahapan BCA, karena sudah tidak aktif digunakan dan sudah melebihi batas minimal otomatis tahapan yang saya miliki harus ditarik.  Padahal memiliki rekening tahapan BCA cukup penting, mengingat hampir setiap transaksi belanja online menggunakan rekening BCA. Jadi saya mensiasati untuk memiliki rekening BCA lagi tapi harus yang lebih efisien.


Makanya saya memiliki tabunganku yang dikeluarkan oleh BCA. Karena sebagai informasi, Tabunganku adalah program nasional Bank Indonesia ditujukan untuk Bank Umum agar merangsang masyarakat menyimpan uangnya di Bank, ciri khas utamanya tanpa potongan perbulan. Selain di BCA, Tabunganku juga bisa dibuka di Bank umum terkenal lainnya seperti Mandiri, BNI, BTN, UOB, Permata, Panin Bank, CIMB Niaga, Danamon, dan Bank-Bank Syariah. Bagi saya pribadi, Tabunganku kalau dibandingkan dengan Tahapan BCA tentu beda. Karena dengan tanpa potongan perbulannya tentu fungsinya juga minimalis yaitu hanya berguna untuk transfer dan tarik tunai ATM. Sedangkan fungsi transaksi yang lain seperti kartu debit belanja dan E-Banking tidak ada dalam Tabunganku. 

Tabunganku BCA punya saya
Cara Membuka Tabunganku:
Pada dasarnya Tabunganku diperuntukkan untuk ekonomi menengah bawah atau mereka yang belum berdaya secara finansial seperti kaum pelajar. Berdasarkan pengalaman, pertama antrilah dahulu dimeja antrian Customer Service setelah disambut, katakan ingin buka Tabunganku. Kemudian, cukup persiapkan KTP dan NPWP lalu isi formulir dan pastikan tanda tangan sesuai KTP. Minimal pembukaan rekening adalah 20.000 rupiah + 6000 rupiah untuk biaya materai. Dimana 20.000 ini akan menjadi saldo endapan yang tidak kelihatan nominalnya dimesin ATM. Sekaligus menjadi biaya tutup rekening bila selama 6 bulan tidak terjadi transaksi seperti setoran dan transfer.

Kebijakan lainnya adalah ketika dalam sebulan kita melakukan transaksi baik transfer maupun tarik tunai melebihi 4 kali, maka pada transaksi ke-5 dan seterusnya dalam bulan itu kita akan dikenai charge sebesar 2500 rupiah per transaksinya. Perlu diingat, rekening sudah bisa langsung jadi, namun transaksi bisa dilakukan setelah keesokan harinya.

Demikianlah pengalaman membuka rekening diTabunganku BCA, sekarang mau belanja online dimana saja jadi mudah kalau punya rekening BCA dengan biaya yang hampir tak ada. Lumayan, kan?

6 comments:

  1. Gak pake NPWP bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi siang baru abis dari CIMB cabang pembantu.

      Baru masuk udah dicegat satpam ditanya mau kemana. ane jawab mau ke cs buka rekening.

      Ditanyain ada npwp ngga, ane bilang ngga ada masih mahasiswa. Eh suruh balik dulu katanya pake npwp ortu :v

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Waktu buat rekening TabunganKu BCA, usia berapa? Apa sampai sekarang masih pakai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. usia 20 an. sampai sekarang masih walau ga pernah dicek n diisi, plg jg dr sponsor blog. soalnya dia ga ada biaya admin jd uang utuh.

      Delete
    2. Mau tanya apa kl pake tabunganku cimb niaga kl ambil uang lwt teller kena biaya admin

      Delete

Pages