Caraku Wujudkan “Impian Emas” di Bank Syariah - Profitamin

Pro in Profit, Fit for All

Keinginan mencoba produk keuangan syariah sebenarnya sudah ada sejak tahun 2010 saat saya masih bekerja sebagai marketing disalah satu lembaga keuangan bukan bank di Semarang. Saat itu saya bertemu dengan seorang calon nasabah keturunan tiong hoa namanya Pak Sun Tiao yang usianya sudah sekitar 70 tahun. Saya yang seharusnya memprospek dirinya tentang produk keuangan yang saya tawarkan, malah dirinya balik mempengaruhi saya tentang produk keuangan syariah yang menjadi minatnya saat itu. Asal tahu saja, beliau ini bukan muslim karena saya melihat atribut keagamaan lain diruko tempat kediamannya itu. Namun, uniknya mengapa dia sangat bersemangat memperkenalkan produk ini pada saya? Begitu bangganya dia menjadi nasabah bank syariah dengan nilai transaksi sampai ratusan juta rupiah? Dari itu saya mencari tahu, hingga saya kini berusaha membuktikan sendiri.




Tabungan Emas di Bank Syariah

Bekal ilmu tentang nilai emas yang dipresentasikan oleh bapak Sun Tiao  mengguncang iman financial saya. Dari situ saya mulai mempelajari banyak hal mulai dari browsing internet, buku cetakan maupun  buku elektronik, sampai mengikuti seminar tentang investasi emas.   Untuk memujudkan tabungan emas, hal yang harus saya miliki pertama kali adalah rekening tabungan uang di Bank Syariah Mandiri. Baru kemudian saya dipersilakan untuk memilih produk keuangan syariah emas  yang ingin saya miliki yaitu BSM Gadai Emas atau BSM Cicil Emas. Akhirnya saya wujudkan melalui program cicil emas Bank Syariah Mandiri.


Saya dan rekening tabungan Bank Syariah Mandiri
Dari sini saya mencoba dulu produk emas batangan senilai 10 gram dengan masa cicil 2 tahun. Sebagai perangkat investasi, saya lebih memilih tipe ini ketimbang emas perhiasan karena kadarnya yang 24 karat.  Dan saat dijual lagi atau digadaikan memiliki nilai lebih tinggi karena tidak dikurangi oleh ongkos pembuatan.

Seperti ini emas yang sudah saya miliki karena cicilannya sudah berakhir sehingga sudah bisa diterima.




Sedangkan ini emas yang sedang saya cicil, namun belum saya terima



foto emas yang saya miliki sekaligus sebagai jaminan

Lembar angsuran emas batangan

Ketentuan Cicil emas

Mengapa emas saya bisa saya terima setelah lunas?  berikut ini perjanjian  yang ditentukan oleh bank saat kita melakukan transaksi pertama kali : Jaminan adalah barang yang menjadi objek pembiayaan (emas).Jaminan tidak dapat ditukar agunan lain. Pengikatan jaminan dilakukan selama masa pembiayaan. Dan yang pasti Fisik jaminan disimpan di Bank. Bila kita tidak mampu membayar sampai lebih dari 3 kali cicilan, maka bank akan memberikan warning untuk melakukan pembayaran. Jika masih tidak mampu, maka bank memiliki kewenangan untuk melelang emas kita dan uang yang kemarin  kita angsur akan dikembalikan. Begitu kata marketing yang melayani saya saat transaksi cicil emas ini. ya, setidaknya itu yang saya bisa pahami. 

Oleh karena emas kita menjadi jaminan barang, jadi saya sengaja memilih produk yang nilainya tidak terlalu besar. Namun disesuaikan dengan kemampuan keuangan saya yang cicilan perbulannya cukup sekiatr 200 ribu dengan jangka waktu sampai 2 tahun. Kalau diperhitungkan cicilan yang harus saya penuhi sampau pada cicilan terakhir adalah 5.700.000 rupiah. Dimana harga belinya yaitu 5.000.000 rupiah, dengan kata lain ada margin 700.000 rupiah selama menyicil. Karena sifatnya investasi jangka panjang, jadi nilai margin sebesar itu tidak terlalu menjadi masalah, mengingat nilai harga emas naik rata-rata 15%-30% pertahunnya.

souvenir yang saya dapatkan dari BSM


Mengapa Memilih investasi Emas?

Ini pertanyaan yang cukup fundamental bagi saya, karena memang dari ilmu yang telah  saya pelajari tersebut terbuktilah emas nilainya akan selalu naik seiring waktu berlalu. Saya ingat, ketika saya bertemu dengan Pak Sun Tiao harga emas pergramnya pada tahun 2010 masih dikisaran 300 ribuan sekarang atau 5 tahun kemudian sudah dikisaran 500 ribuan untuk emas yang nilainya 24 karat. Begitupun emas pada saat tahun 90-an juga masih sangat rendah dibawah 100 ribu. Artinya menabung emas lebih berharga daripada menabung dalam bentuk uang yang terus mengalami penurunan nilai. 

Kenapa emas? Karena Emas dikenal sebagai salah satu investasi yang mampu memproteksi kekayaan kita khususnya jangka panjang. Dengan mencicil Emas, kita dapat mewujudkan rencana dan impian kita di masa datang. Cicil Emas di Bank Syariah mewujudkan impian untuk memiliki EMAS dengan lebih mudah.  Akan terasa lebih ringan untuk memiliki emas impian kita dengan menyisihkan sebagian rezeki dari penghasilan kita.

Emas dalam Pandangan Syariah

Alasan lain kenapa saya lebih menyukai menabung emas daripada uang tunai adalah dalam sejarah Islam pernah disebutkan dalam Hadist Rasulullah : 

”Ali bin Abdullah menceritakan kepada kami, Sufyan menceritakan kepada kami, Syahib bin Gharqadah menceritakan kepada kami, ia berkata, “Saya mendengar penduduk bercerita tentang ’Urwah, bahwa Nabi saw. memberikan uang satu Dinar kepadanya agar dibelikan seekor kambing untuk beliau, lalu dengan uang tersebut ia membeli dua ekor kambing, kemudian ia jual satu ekor dengan harga satu Dinar. Ia pulang membawa satu Dinar dan satu ekor kambing. Nabi saw. mendoakannya dengan keberkatan dalam jual belinya. Seandainya ‘Urwah membeli tanahpun, ia pasti beruntung.” (H.R.Bukhari)

Dari hadist diatas, Rasulullah sendiri memperlihatkan bahwa nilai emas yang dalam bentuk dinar cenderung stabil karena bisa dipergunakan untuk membeli seekor kambing pada zaman beliau. Bahkan sampai saat inipun, harga kambing tetap senilai 1 dinar yang nilainya setara dengan 2 juta rupiah. Dalam hadist yang lain juga disebutkan bahwa Allah memakai emas dan perak sebagai Nishab Zakat.

 Jadi, Inilah alasan dan caraku untuk mewujudkan Impian mengumpulkan emas dengan Produk keuangan syariah yaitu BSM Cicil emas. TIdak itu saja, saya juga berencana emas yang nanti terkumpul akan saya turutkan dalam program BSM gadai emas untuk mendukung modal dalam bisnis saya yang sedang akan berjalan. Terima kasih Bank syariah, telah membantu manajemen investasi saya dimasa depan…Aku Cinta Keuangan Syariah. Dan aku bangga menjadi nasabah Bank Syariah..

Referensi:
·         http://keuangansyariah.mysharing.co.
·         http://www.syariahmandiri.co.id/






9 comments:

  1. wah, bagus, saya jadi tertarik juga pengen investasi emas di bank syariah, cari yg cicilannya paling ringan, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Uka bila tertarik untuk cicil emas di mandiri syariah bisa menghubungi saya di 089699988182(wahyu)

      Delete
    2. Mas Uka bila tertarik untuk cicil emas di mandiri syariah bisa menghubungi saya di 089699988182(wahyu)

      Delete
  2. sangat murah ya dengan miliki cicilan emas di bank syariah. Salam kenal.

    ReplyDelete
  3. Menarik juga ni, tapi nanti kalau udah dapet & mau dijual susah ga ya mba?

    ReplyDelete
  4. gampang. emas adalah benda berharga yg liquid atau gampang dicairkan jd uang. tinggal bawa ke toko emas atau pegadaian aja

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas info yang anda berikan.. sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Cara pembayarannya gimana mba?
    Kita bayar lgs ke teller atau bisa autodebet ya? Mksh

    ReplyDelete

Pages