Cara Upload Lagu di Smule - Profitamin

Pro in Profit, Fit for All

Tahun lalu saya posting dalam blog saya yang lain berjudul Smule! Ayo Kita Nyanyi. Nah, saat itu belum sempat VIP tapi sekarang sudah VIP setahun pulak?! Kenyang dah nyanyi. Dan nama akun saya masih sama yaitu FSL_NovyKayra. Sekarang saya ingin mengulas bagaimana cara untuk mengunggah lagu yang kita inginkan biar masuk dalam smule dan kita bisa menyanyikannya.Karena beberapa lagu yang kita mau tidak tersedia. Ya.. walaupun kesininya udah mulai jarang sih.. alasannya karena udah pada di-upload .hehe
Versi saya yaitu kita semua musti masuk lewat PC Komputer terlebih dahulu lalu masuk ke akun pribadi masing-masing. Nah , disitu ada tulisan “UPLOAD” berwarna hijau dikanan atas dekat dengan profil kita, lalu klik.



1.      Choose an Upload Option (pilih pilihan mengunggah)
Ada 2 jenis pilihan yaitu “Freestyle” dan “Songbook”. Karena kita mau upload lagu ya pastinya pilih songbook, dong.. hehe selama upload ada keterangan masukkan nama penyanyi dan judul lagu masukkan aja, lalu klik next..



2.      Upload an audio track (Unggah audio)
Dibawahnya ada keterangan bahwa pastikan didalamnya tidak termasuk vocal. Tapi masih ada aja yang include, makanya kurang laku. Karena yang namanya karaoke pastinya pengen suara kita ga ketumpangan kan ya?! Klik tombol hijau “select file” dan pilih lagu yang di library computer kita. Pastikan sesuai dengan yang disyaratkan, kalo aku biasa file dalam format mp3 yang conver dari mp4 (youtube)






3.      Make your song stand out in the sing! (Buat lagumu terkenal)
Disini menentukan identitas lagu biar dikenali orang. Ubah picture dengan wajah penyanyinya tak jarang wajah peng-uploadnya yang pengen narsis atau grup ato apapun yang pengen dikenal orang banyak. Lalu isi juga captionnya dengan keterangan yang mendukung lagu macam hashtag gitu. Kalo ingin menambahkan lirik, harus ditandai ya.. saya sangat sarankan tambahkan lirik untuk memudahkan orang nyanyi lagumu, tanpa lirik ada tapi pasti tidak menyenangkan dan akan jarang digunakan lagunya.  Skip aja untuk album art langsung klik next untuk step selanjutnya



4.      Lyrics Editing (ngedit lirik)
Disini saatnya meng-copas lirik yang persis sesuai dengan lagunya jadi klo reff diulang ya di ulang lagi jangan back to reff, hehe.. bisa ambil dari web yang bertaburan. Cuma kadang memang perlu dimodifikasi karena biasanya memang kurang sempurna. Didalamnya juga kita menentukan giliran (turn) penyanyi satu atau dua bahkan lebih jika memang dikehendaki untuk buat grup song dengan ada gilirannya.




5.      Lyrics Timing (Ngepasin waktu lirik)
Setelah lagu dan lirik lengkap, saatnya penentuan timing untuk disesuaikan. Seperti halnya di karaoke room, yang kita buat harus seperti aslinya supaya menghasilkan kepuasan yang diinginkan dalam menyanyi. Setelah selesai klik tombol save dan otomatis lagu kita akan terlihat oleh jutaan pengguna smule yang ingin menyanyikannya saja tentunya. Kalo ga pengen lihat ato ingin dinyanyikan, ya ga terlihat. Hehe..

Selamat mengunggah dan bernyanyi ya...



2 comments:

  1. cara agar bisa upload ke freestyle gimana yak ?

    ReplyDelete
  2. Freestyle saya ko ga bisa di putar ya..

    ReplyDelete

Pages