Membuka Rekening Tabungan Bank Mandiri - Profitamin

Pro in Profit, Fit for All

Saya rasa ada perlunya untuk menggalakkan program ayo menabung, mengingat berita tadi pagi bahwa ternyata penduduk Indonesia saat ini yang menabung di Bank baru 19% dari keseluruhan. Kan, sayang ya?  Dan saya ucapkan terima kasih untuk visitors profitamin telah aktif membaca artikel saya Membuka Tabungan BRI Britama, Simpedes, dan Tabunganku yang telah mencapai 166 ribu views lebih  dan aktif bertanya. Sory ga bisa dijawab semua. Berarti kamu semua ada ketertarikan menyimpan uang di Bank daripada dibawah kasur. Hehe..


Sebenernya, prinsip menabung di Bank manapun sama saja tinggal datang ke Bank dan konsultasi dengan CS (Customer Service) lalu proses kemudian selesai. Nah, lalu apa yang beda? Cerita pengalaman dulu, kebetulan saat ini saya punya 4 rekening bank (ga usah Tanya ada berapa isinya ye?) BRI, BCA,Mandiri, dan BSM. Yang terbaru ini Mandiri dan baru saya buka di domisili saya sekarang yaitu Kuningan. Berhubung saya mempertahankan KTP asli saya Semarang, jadi pihak Mandiri mensyaratkan  surat keterangan bekerja atau domisili. saya pilih surat keterangan bekerja saja (salah satu gitu) Syarat yang lain untuk buka rekening disini adalah KTP elektronik.

Nah, cara yang mudah saya kopas-kan dari web Mandirinya aja ya.. nyoh…
Mandiri Tabungan
Nikmati Kemudahan dan Kenyamanan Layanan
Mudah
·         Hanya dengan setoran awal sebesar Rp 500.000,- Anda telah memiliki rekening Mandiri Tabungan
·         Pembukaan rekening, penyetoran maupun penarikan dana tabungan dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri
·         Anda mendapatkan Mandiri Debit yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit yang dapat digunakan untuk berbelanja dan pembayaran lainnya di merchant-merchant yang berlogo VISA baik di dalam maupun di luar negeri
·         Dapat digunakan di jutaan ATM berlogo PLUS/Visa/Visa Electron baik di Indonesia maupun di luar negeri dan di ATM berlogo ATM BERSAMA serta ATM berlogo LINK, termasuk di Mandiri ATM di seluruh Indonesia.
Nyaman Bertransaksi
·         Fasilitas Mandiri SMS, Mandiri Internet dan Mandiri Call menambah kenyamanan Anda bertransaksi dimana saja dan kapan saja sehingga Anda lebih leluasa memanfaatkan waktu Anda.
·         Layanan Weekend Banking pada hari Sabtu dan Minggu di beberapa Cabang, memberi kesempatan bagi Anda yang tidak dapat bertransaksi di Cabang pada hari kerja karena kesibukan Anda.
Menguntungkan
Setiap nasabah Mandiri Tabungan akan mendapatkan loyalty berupa fiestapoin yang diperoleh dari saldo rata-rata dan transaksi yang dilakukan melalui e-banking maupun cabang. fiestapoin dapat ditukarkan dengan beragam hadiah langsung seperti gadget, kendaraan, voucher belanja, voucher pulsa, dan juga dapat ditukarkan dengan diskon atau free product di toko/merchant yang telah bekerjasama.
Fasilitas
·         Layanan Autodebet, Layanan autodebet membantu Anda dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan rutin bulanan, seperti air, listrik, telepon, handphone, kartu kredit atau tagihan lainnya secara otomatis setiap bulannya sehingga Anda terhindar dari tunggakan tagihan.
·         Layanan Automatic Fund Transfer (AFT), Layanan AFT menjadikan hidup lebih nyaman karena membantu Anda dalam melakukan transfer dana rutin secara otomatis kepada keluarga atau mitra bisnis sehingga Anda tidak perlu khawatir kewajiban Anda akan terlupakan.


Persyaratan
·         Setoran awal minimal Rp. 500.000,-
·         Kartu identitas:
o    Warga Negara Indonesia: Kartu Tanda Penduduk/KTP*
o    Warga Negara Asing: Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP
·         Dikenakan biaya administrasi bulanan
catatan(*):
·         KTP DKI Jakarta dapat digunakan untuk membuka rekening di seluruh cabang Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta.
·         KTP non DKI Jakarta hanya dapat digunakan untuk membuka rekening di Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah Pemda penerbit KTP.
·         Apabila digunakan untuk membuka rekening Tabungan di luar wilayah KTP setempat maka wajib dilampiri dengan :
o    Surat Keterangan Domisili atau
o    Surat Keterangan Kerja



Untuk biaya admin nyaris sama dengan yang lain, kalo Mandiri sih 11.500 rupiah ATMnya 2500 perbulan. Hampir sama dengan BRI yg 12.000 dengan biaya ATM yg hampir sama. Sedangkan BSM Cuma 7000 dengan biaya ATM 1000 an. Kalo BCA yg regular ke atas emang mahal, tapi aku pakenya TabunganKu jd bebas biaya admin. Jangan lupa juga biaya transfer antar bank berbeda juga kena, lho..

PR bagi Bank di seluruh Indonesia, cari untung ga usah terlalu banyak deh, biaya admin sedemikian itu ternyata tidak cukup menarik 81% penduduk Indonesia untuk menabung. Kata Presiden Jokowi tadi di berita menginstruksikan untuk memurahkan biaya bank (termasuk adminsitrasi) kepada nasabah. Biar orang pada rajin nabung dong… Kan, kalo banyak nasabah yang untung kalian juga. Membantu membangun bangsa dan mengajari masyarakat untuk ga berpola hidup konsumerisme. Serta mengantisipasi lansia miskin akibat masa mudanya berhura-hura karena gak nabung.

Nah, gampang kan? Susahnya kalo kamu belum punya KTP atau belum yg E-KTP. Tapi kalo masih usia dibawah umur bias kok dengan kartu pelajar atau bantuan orang tua. Saya pertama kali menabung di Bank juga pas kelas 3 SD. Sedini mungkinlah belajar dan ajari anak menabung. Kegunaan menabung sekarangpun juga bisa untuk bayar macam-macam ke ATM atau M-Banking. Next time saya share cara transaksi M-Banking melalui handphone. Ok? Gitu ya…
 kebanyakan rekening Bank Cuma buat bayar admin doang, kan juga sayang, hahaha… (curhat dah) tapi insyallah ke 4 rekening Bank saya semua ada manfaatnya buat saya.

Oya, selain tabungan konvensional biasa yang bisa buat belanja macam-macam, bank juga punya produk investasi lain yang lumayan menarik seperti reksadana, obligasi, sukuk, cicil dan gadai emas, tabungan umroh dan haji, serta pastinya kredit pinjaman, hahay… 

Ok, Ayo menabung!

No comments:

Post a Comment

Pages