Membuka Tabungan Emas Pegadaian - Profitamin

Pro in Profit, Fit for All

Saya pengen nulis buat tugas kampus academic writing, tapi saya butuh pancingan moodbooster jadi saya nulis buat ngisi blog dulu yang scara lebih mudah. Tulisan ini juga sebenernya buat memenuhi janji pada dua orang pegadaian pengen mejeng di salah satu blog saya,  hehe.. Blog yang ini juga dah so long time ago ga saya isi. Jadi banyak spam gaje yang belum sempet dihapusin. hihi


Pengalaman Saya dengan Pegadaian

Saya dah jadi nasabah pegadaian sudah hampir 3 tahun, produk pegadaian yang pertama adalah saat saya menghadiri seminar Rully Kustandar, ahli peremasan Indonesia yang booming karena konsep kebun emasnya. Iya, LM senilai 5 gram yang dicicil selama 6 bulan. Secara adminstrasi saya ga pernah ada pengalaman buruk dengan pegadaian, bahkan terakhir saya sempat menggadaikan 30 gram emas (produk kedua) yang saya miliki disini. Namun ada saatnya tragedi finansial diluar kendali hidup saya terjadi (halah), karena suatu hal cicilan ga bisa lancar jadi emas 25 gram cicilan tidak bisa saya selesaikan dan terpaksa harus dilelang. Baiknya dari sana mereka masih member ikesempatan, tapi saya udah ga sanggup. Hahaha


nih, dua orang pegawai pegadaian yang minta mejeng, haha


Sedih sih.. tapi gapapalah daripada maksain diri. Nanti kalo ada duit lagi, beli lagi, hibur diri saya. Sampai pada suatu waktu saya dapat SMS dari sana bahwa terdapat sisa uang dari pelelangan emas saya tersebut. Bisa diambil asal dengan menunjukkan bukti perjanjian, Alhamdulillah lumayan dapat 600 ribu cash back. Nah, saya ga ada urusan lagi nih ya utang-pihutang sama pegadaian yang di Kuningan. Namun satu saya masih punya investasi disana yaitu tabungan emas. Dan katanya bisa ditabung di Pegadaian kota manapun walaupun kalo penarikan harus di Kuningan. Seperti Apa?

Apa itu Tabungan Emas?
Tabungan emas yaitu kita menabung menggunakan buku rekening tapi yang tertulis direkening bukan nominal rupiah melainkan kurs rupiah dalam bobot emas harga hari itu. Contoh kalo sekarang harga emas 1 gram 24K 580 ribu kita punya uang 58 ribu akan tertulis 0,1 gram direkening. Kerennya lagi, batas minimal setor adalah 0,01 gram sekitar 5800 rupiah. Trus gimana cara bukanya?
Kalo mau tau prosedurnya, aku kasih hyperlink disini soalnya dah di-protect jadi ga bisa di-Copast, haha.

ini tabungan emas punya saya


Keunggulan (Versi saya)
Keunggulan pertama adalah kita bisa nabung kapan aja dengan jumlah nominal bebas. Tentu kelebihan ini ga dimiliki oleh jasa finansial asuransi. Tidak smua orang kan punya penghasilan tetap? Contohnya supir ojek online yang pengen punya tabungan, bisa nyoba ini.

Keunggulan Kedua adalah anti inflasi. Dalam finansial ada istilah Hedging atau mengunci artinya nilai uang saat ini yang kamu tabung akan tetap sama dengan saat kamu ambil. Berbeda kalau dalam bentuk rupiah biasa, Karena inilah fungsi dari nilai emas, dia stabil dan cenderung naik nilainya.

Keunggulan Ketiga adalah sebagai alternatif tabungan Bank. Jadi kalau kamu kebanyakan duit di rekening Bank. Bisa sebagian dipindah disini. Apalagi mengingat sekarang kejahatan finansial kartu ATM udah banyak. Kalo nilai 1 Milyar deposito sih, it is okay, aman karena terkunci dengan persyaratan khusus alias ga sembarangan. Tapi kalo tabungan biasa, ketar-ketir juga kalo sampai dibobol cracker jahat. Ya, walau kemungkinannya sangat minimal, sih...

Loket bayar pegadaian

salah satu promo di pegadaian



Kelemahan : ga bisa dicairin kalo belum sampai batas minimal 1 gram dan ada biaya cetak kalau pengen nerima dalam bentuk fisik.
Masih banyak produk pegadaian yang kreatif dan menarik lainnya yang belum saya coba. Sebenernya lagi ngincer tentang Jenis Tabungan Haji tapi pakai DP LM. MIrip ONH, Cuma katanya ada keunggulan lebih di Pegadaian daripada lainnya. Saking kreatif dengan produknya, sempat pernah mendapat gelar BUMN terbaik, lho.. (Ga punya saudara sih di Pegadaian, hehe.) Insyallah obyektif.
Nah, penasaran? Samper aja di Kantor Cabang terdekat. Oya, dipegadaian ga Cuma emas, BPKB motor juga bisa untuk usaha UMKM, dan lebih murah daripada leasing. Tapi saya tetep fanatik sama LM, bahkan kalo suruh milih mahar daripada perhiasan, saya pilih LM saja, haha..
Yah.. sepertinya sudah mulai panas otak saya saudara-saudara, saya sudah siap mengerjakan tugas kuliah, hehe



No comments:

Post a Comment

Pages