Belajar Mengenal Bitcoin dari PT Bitcoin Indonesia - Profitamin

Pro in Profit, Fit for All


Hari ini alhamdulilah sudah bisa men-TLD-kan salah satu blog alias mengubah domain gratis menjadi dot com.  Ya! kalo belum tau TLD itu apa? TLD adalah singkatan dari “Top Level Domain” kalo ga “dot com” ya “dot co.id”, “dot.id” atau “dot ac.id” dan “dot go.id” , dan sebagainya tergantung tujuannya web mau untuk organisasi profit/ non profit atau pribadi.Ya, semacam itulah.  Bismillah.. semoga bisa lebih semangat nulisnya dan manfaatnya bisa lebih luas. Blog yang pertama saya TLD-kan adalah profitamin, karena walau isinya masih sedikit, tapi antusias visitor cukup tinggi dan lebih bersifat umum ketimbang personal. Harapannya juga bisa dijadiin tambang yang kedepannya untuk diikutkan menjadi influencer melalui tulisan blog.
 
Taken from : Instagram CFDS UGM


            Itu tadi motivasi saya untuk nulis dan ngisi blog ya… curhat dikit gapapalah yes. hehe.. Kalian pasti penasaran  apa yang dimaksud dengan bitcoin ya? Pengertian dasarnya dia adalah mata uang digital. sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto (nama samarannya). Nama tersebut juga dikaitkan dengan perangkat lunak sumber terbuka yang dia rancang, dan juga menggunakan jaringan peer-ke-peer tanpa penyimpanan terpusat atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi . Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung dengan mempercayai penerbit utama. Simple-nya bitcoin ini adalah uang yang dibentuk atas kesepakatan bersama antar server digital se-dunia.
 
Taken from : Instagram CFDS UGM
Bagaimana Bitcoin dihasilkan?
            Berdasarkan pemahaman saya dari presentasi mbak Nidya Rahmanita konsultan Pt. Bitcoin Indonesia. Bitcoin dihasilkan dari blockchain yang harus dipecahkan, dimana setelah dipecahkan dia akan keluar soal algoritma yang harus dikerjakan dengan benar. Nah, blockchain atau kotakan ini akan keluar setiap 10 menit lalu menghasilkan bitcoin. Metode seperti ini juga disebut dengan menambang (mining). Dengan demikian, bitcoin bisa disamakan dengan nilai emas karena persediaan terbatas namun berharga dan bisa ditambang juga tapi bedanya secara virtual.

            Selain dari mining, kita juga bisa mendapatkan bitcoin secara gratis dari beberapa situs tertentu seperti dalam gambar dibawah ini. Namun, karena terlalu sangat sedikit menghasilkan dan melelahkan yang paling sebulan cuma dapat 20 ribu rupiah, katanya. Jadi tidak terlalu disarankan. Lalu apa yang disarankan, sebagai konsultan, tentu mbaknya untuk trading ya… hehe. Lalu bagaimana cara tradingnya? Kamu bisa cek dan kepo-in website bitcoin.co.id ya… Jadi seperti tadi yang jadi tebakan dalam seminar, ada 3 cara mendapatkan bitcoin : Pertama, Mining (menambang), Free (Gratisan), dan Trading (berdagang).

bitcoin sama dengan emas
situs buat nyari bitcoin gratisan

            Oh iya, btw tadi ngomongin blockchain apa ya? Kalo ga dari seminar ini saya juga ga tau apa? Hmm.. Blockchain adalah sebuah buku besar yang dapat diakses oleh publik. Blockchain menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan Bitcoin. Kita dapat mengunjungi situs seperti blockchain.info yang akan memudahkan kita untuk memantau apa yang terjadi di dalam blockchain Bitcoin tersebut. Selain bitcoin, blockchain juga bisa difungsikan sebagai data base penyimpanan smart contract yang bersifat abadi, ceunah. Ya.. kontrak2 yang penting seperti sertifikat, ijazah, surat perjanjian, dll. Hanya secara teknis, mungkin saya masih perlu belajar lagi. Hehehe..

Bitcoin sama dengan valas?
            Secara trading, bisa dikatakan sama dengan valas atau valuta asing. Dimana ada istilah “High risk, high return” atau tinggi resiko, ya tinggi keuntungan. Meski teknikalnya sama, ada perbedaan mendasar. Jika valas dipengaruhi oleh ekonomi global atau kebijakan ekonomi suatu atau beberapa negara, bitcoin lebih dipengaruhi oleh supply (persediaan) dan demand (permintaan). Bagi kaum futuristic, ya ini uang masa depan. Yang bisa jadi suatu ketika menjadi uang global. Beberapa orang sudah ada yang kaya mendadak bahkan jadi milioner dari investasi bitcoin yang investasinya sudah awal mulanya muncul tahun 2009 atau dekat-dekat tahun setelahnya. Tapi kalo ada yang rugi, ga mau ngaku, dong.. hehe. Sama sih.. kesempatannya kayak trading valas. Kalo ga cerdas bisa gila dan kere, hehe. Tergantung nilai uang yang diivestasikan.

moderator dan pemateri

            Meski hampir sama dengan valas, tapi belum diakui BI sebagai mata uang lain yang legal di Indonesia. Berbeda dengan trading valas yang sudah legal dibawah Bapebti, bitcoin belum dimasukkan dalam kategori seperti valas lainnya. Meski demikian, sudah ada niat pemerintah untuk melegalkannya karena memang memiliki potensi besar dan semakin masiv  sering digunakan di dunia. Serta sudah banyak orang Indonesia terutama kids jaman now yaitu mahasiswa-mahasiwa yang trading mata uang ini.

Partisipan aktif mendapat merchandise

Ok, itu tadi aja sekelumit review pengetahuan yang saya dapatkan sekaligus saya bekukan (mumpung belum lupa) dari seminar tentang bitcoin, pengen tahu lebih lanjut? Silakan kepo-in websitenya : www.bitcoin.co.id. Sekarang, waktunya ngerjain tugas kuliah. Jeng- jeng!


No comments:

Post a Comment

Pages